Asli Batu Kali, Mantapnya Lemper Soso

Asli Batu Kali, Mantapnya Lemper Soso



Penjajahan bekakas serba cepat serba instan mulai merajai era modern saat ini.Lember batu tidak mudah lagi di jumpai di setiap daerah.Namun hasil kerajinan satu ini, masih berkembang di Desa Soso.
Cobek bagi sebagian orang mengenalnya.Alat penghalus tradisional yang berbahan batu kali ini, masih menjadi sarana penghasil ekonomi sehari-hari bagi beberapa masyarakat desa soso."Ya, permintaan pasar masih terus ada. karena lemper produksi Soso kwalitasnya terjamin," jelas Sutari, Salah satu pengrajin.
Sutari menambahkan, batu kali untuk membuat lemper merupakan pilihan.sehingga lemper tidak mudah pecah. Sangat awet dan pecahan batu tidak bakal tercampur makanan."Jaman sekarang juga banyak yang menggunakan batu gombong, tapi saya menghindari itu," katanya kembali.
Selain lemper para pengrajin batu juga menghasilkan ulek-ulek, penumbuk kopi atau alu, dan lain sebagainya."Kami menerima pesanan segala bentuk kerjinan dari konsumen," tambah pria paruh baya ini.
Nah, untuk harga lemper bervariatif tergantung dari besarnya.harganya berkisar mulai 10 ribuan. Pengrajin yang beralamatkan di Desa Soso Rt. 2 Rw. 4 ini, juga kerap melayani konsumen luar daerah."Selain dari Blitar juga dari Malang, Tulungagung dan sekitarnya," unggkapnya.
Lemper juga kerajinan pilihan untuk oleh-oleh wisatawan luar daerah.Banyak orang cari juga untuk oleh-oleh kerbat jauh dari luar daerah bahkan luar pulau."Ini karena kwalitas kami sangat kami jaga," pungkasnya. (rf)

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: